Mengapa Perlu Audit Struktur?





Pengerjaan Audit Struktur Bangunan merupakan serangkaian pengechekan bangunan yang dilakukan guna menjaga kesehatan dari bangunan itu sendiri.
 Pada Jasa Struktur Audit pada bangunan dilakukan setelah terjadi perubahan fungsi struktur yaitu:
  • Perubahan struktur bangunannya, seperti penurunan pondasi atau lantai, kerusakan pada balok atau ditemukannya pola retak pada elemen struktur bangunannya, terjadi kebakaran, banjir, terpaan angin puting beliung atau maupun dari segi perubahan arsitektural (penambahan atau perubahan bangunan).
  • Pengujian Jasa Struktur Audit sebagai kelayakan bangunan akibat pertambahan umur bangunan dan kontrol pada perubahan peraturan yang ada dan adanya rencana penambahan struktur atau adanya hal yang mempengaruhi struktur.

Sesuai dengan rencana peninjauan ulang dan juga renovasi bangunan gedung, ditemukan secara visual keretakan pada plat lantai yang mengakibatkan kebocoran di beberapa area di dalam ruangan kerja, maka dilakukan penelitian teknis yaitu Struktur Audit Bangunan secara komprehensif terhadap elemen struktur untuk menilai kekuatan struktur yang ada terhadap perubahan dan rencana renovasi untuk perkuatan struktur bangunan tersebut.

Dari hasil observasi tersebut ditentukan sistem perbaikan yang efektif, efisien, dan ekonomis sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada.

Pengujian kualitas beton yang dilakukan dalam pengujian kelayakan bangunan adalah kontrol terhadap kualitas mutu bangunan yang sudah ada. Pengujian kualitas beton yang ada dapat dilakukan dengan 2 metode yaitu metode Destruktif dan non-Destruktif. Metode yang dilakukan untuk penelitian ini adalah dengan metode Non-Destruktif yaitu menggunakan alat Ultrasonic Pulse Velocity merk Proceq Type Pundit Lab+ (tanpa merusak struktur elemen bangunannya).  



Pentingnya Audit Struktur Bangunan



Bangunan
gedung ini adalah salah satu bangunan yang berada di wilayah Indonesia, dimana perencanaan dan pembangunannya didirikan 
sejak 25 ~ 30 tahun lalu dan sampai sekarang masih digunakan sebagai kegiatan usaha perkantoran atau kegiatan bisnis lainnya.

Secara garis besar lingkup survei yang dilaksanakan berupa penelitian audit gedung pada lokasi gedung, termasuk:

  1. Pengecekan struktur visual bangunan secara menyeluruh.
  2. Pencatatan dan pengukuran dimensi elemen struktur (kolom, balok, dan plat lantai).
  3. Pemeriksaan kualitas mutu beton.
  4. Pemeriksaan penulangan (cover tulangan).
  5. Analisa dan rekomendasinya.

Jika sudah sesuai dengan itu, maka dilakukan atau penelitian teknis secara menyeluruh terhadap evaluasi struktur untuk menilai struktur yang ada terhadap nilai perubahan struktur-struktur yang akan direncanakan.

 

Maksud dan Tujuan Audit Struktur Bangunan




Pengecekan elemen struktur (kolom, balok, dan plat lantai beton) pada bangunan gedung dengan maksud untuk menilai apakah masih layak atau aman 
terhadap:

1. Struktur atas (kolom, balok, dan plat).
2. Struktur bawah (pondasi tiang pancang, sloof dan dinding penahannya).

Setelah kumpulan program teknis data-d ded Three Dimensional Analysis of Building Systems) dan dari hasil tersebut dapat dievaluasi dan direkomendasi sistem perbaikan yang ekonomis dan juga efisien sesuai dengan kondisi kerusakan, serta pertimbangan perbaikan pelaksanaan struktur atau konstruksi di lapangan.


Tujuan Audit Struktur Bangunan



Tujuan Audit Struktur Bangunan yaitu supaya bangunan terhindar dari kerusakan yang tidak terduga atau memperparah kondisi dari suatu bangunan sehingga keamanan bangunan tersebut bisa terjamin dan tetap terjaga.

Jadi, mengapa perlu menggunakan Jasa Audit Struktur suatu bangunan?

Agar dapat dianalisis dan dipastikan keamanan dan juga kelayakan dari kekuatan strukturalnya untuk digunakan fungsinya.

Rekanusa adalah konsultan perencana, pengawasan, pengujian dan perizinan bangunan gedung yang memiliki layanan yang profesional, optimis, tuntas dan solutif. Dedikasi kami adalah untuk kepuasan pelanggan, serta nilai kerja yang baik dan lingkungan kerja yang sehat, mempengaruhi kami untuk memberikan layanan yang memuaskan.


Jika Anda membutuhkan Jasa Audit Struktur Bangunan, silahkan hubungi Kami untuk informasi lebih  

Audit Struktur Bangunan, Mengapa Perlu Audit Struktur?

Mengapa Perlu Audit Struktur?

Pentingnya Audit Struktur Bangunan

Maksud dan Tujuan Audit Struktur Bangunan

Tujuan Audit Struktur Bangunan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menggunakan Material Berkelanjutan dalam Proyek Konstruksi Bersejarah"

Konsultan Struktur untuk Pemeliharaan Bangunan

Desain Inovatif Restoran: Menciptakan Pengalaman Kuliner yang Tidak Terlupakan Bersama Kontraktor Terbaik"